Tutorial Setting Awal MikroTik RB 750

Reaksi: 


Awalnya saya bingung setengah mati, bagaimana cara menggunakan RB 750. Setelah browsing sana-sini akhirnya dapet juga nih tutorial untuk seting RB 750. Disini saya menggunakan :
1. RB 750 versi 4.11
2. akses internet pake speedy dg modem bawaan speedy
3. Applikasi akses Router menggunakan winbox

LANGKAH AWAL MASUK WINBOX
1. Pastikan dulu koneksi dari modem ke akses point dah berjalan lancar. kalo dah oke, lepas semua kabel koneksinya
2. Colok modem ke eth1 pada RB 750, komputer/laptop ke eth2 pada RB 750. lupakan dulu akses pointnya
3. Buka browser, ketik 192.168.88.1. akan keluar spt ini. donwload winboxnya

Gambar:



4. Jalankan winbox
5. Bagian connect to, klik browse (titik tiga), pilih mac address yg ada
6. Pastikan login=admin dan passwordnya kosong. klik connect
7. PENTING pertama kali akan keluar box spt dibawah ini. klik Remove Configuration

Gambar:



8. sukses masuk winbox
Gambar:


LANGKAH-LANGKAH MENGHUBUNGKAN MIKROTIK DENGAN KOMP/LAPTOP
1. Ubah Nama Interface.
ini hanya untuk memudahkan kita saja.
caranya klik menu interface.ubah nama interface eth1 dengan nama internet atau modem atau speedy sesuka kita. eth2 ubah jadi wan atau wireless atau akses point sesuka kita jg. caranya klik 2x list interface yg ada

Gambar:



2. Setting IP Address
untuk "memberi identitas IP pada masing2 eth yg kita gunakan
caranya klik IP-Addresses. klik tanda +. masukkan IP address untuk eth1.

karena IP address modem speedy biasanya 192.168.1.1 maka disini kita masukkan 192.168.1.2/24. pilih interface=nama interface eth1. klik OK. nanti isian network sama broadcast akan terisi sendiri karena ada /24 itu. /24 disini maksudnya subnett. apa itu subnett? coba anda googling subnetting

Gambar:



Klik tanda + lagi untuk kasih IP yg eth2. disini saya pake IP 192.168.3.1/24. dibedakan sama eth1 td dimana angka yg ketiga pake '1' sedangkan ini pake '3'. anda bebas mo pake berapa antara 2-254
kalo anda sudah paham subnetting, /24 bs diganti sesuai dengan subnet anda. tp biar ga ribet, pake /24 aja. hehehe

3. setting gateway
klik IP-Routes. klik +. isikan gateway dg 192.168.1.1

Gambar:



4. Setting DNS
klik IP-DNS. klik setting. masukkan DNSnya.

Gambar:



dari mana saya dapat DNS? buka settingan modem speedy anda. buka browser, ketik 192.168.1.1

Gambar:



5. Coba Test ping Dari MikroTik Ke Modem
buka New Terminal. ketik ping 192.168.1.1. kalo reply dah OK
lalu coba test ping ke DNS speedy pake DNS yg td dimasukkan

6 Setting NAT
Apa Gunanya NAT?
Quote:

NAT (Network Address Translation) Firewall secara otomatis menyediakan proteksi terhadap sistem yang berada di balik firewall karena NAT Firewall hanya mengizinkan koneksi yang datang dari komputer-komputer yang berada di balik firewall. Tujuan dari NAT adalah untuk melakukan multiplexing terhadap lalu lintas dari jaringan internal untuk kemudian menyampaikannya kepada jaringan yang lebih luas (MAN, WAN atau Internet) seolah-olah paket tersebut datang dari sebuah alamat IP atau beberapa alamat IP.

Caranya Klik IP-Firewall. klik tab NAT
di tab general, pilih chain=srcnat, src address=192.168.3.0 (network address eth2)

Gamba:



Lalu Klik tab Action, pilih action=masquerade

Gamba:



7. Sekarang Coba Test ping Dari Komp/Laptop Ke Gateway (192.168.1.1)
Trus coba test ping ke yahoo.com
kalo sukses berarti dah bisa konek ke internet.

Cabut kabel di komp/laptop, hubungkan dengan akses point. coba konek ke akses point dan coba ngenet. harusnya sukses.
catatan: set IP Address akses point 192.168.3.10. pastikan sama-sama '3' seperti IP address eth2 tadi

SETTING TAMBAHAN
1. Seting Jam dan Tanggal Mikrotik
RB750 ga ada baterai kyk di motherboard yg clocknya tetep jalan meski komp/laptop mati. kalo RB direset, waktunya jg ke-reset. biar jam dan tanggal selalu up date, perlu diset disesuaikan dengan server yg ada
caranya klik System-NTP Client.cek enabled. masukkan primary NTP server dan secondary. contoh dibawah pake servernya microsoft

Gamba:



sesuaikan clock mikrotik menjadi GMT +7 (jakarta). klik System-Clock. pilih time zone=asia/jakarta

Gamba:



2. Backup dan Restore
saat kita nyoba2 setting, kadang kita ada kesalahan. dan ga tau gmn mengembalikannya seperti sebelumnya. untuk kita perlu memback-up settingan dan merestorenya saat dibutuhkan
caranya backup
klik Files. klik tombol Back up. nanti akan menghasilakan file backup

Gamba:



Kita tinggal menyimpan file backup td ke harddisk komp/laptop. caranya tinggal drag and drop

Cara merestore tinggal memilih file backupnya dan klik Restore.

b]SETTING DHCP[/b]
disini kita mo bikin klien yg konek ke jaringan kita, otomatis dapat IP Address yg 'digenerate' oleh mikrotik. jadi kita ga perlu pusing memberi IP Address

catatan: yg dikasih IP Address DHCP hanya klien saja. akses pointnya kita set manual IP Addressnya agar bisa diakses di kemudian hari

1. Klik IP-DHCP Server. klik DHCP Setup

Gamba:



Pilih nama interface eth2

Gamba:



Next, Secara otomatis DHCP address space di subnet yang sama dengan eth2

Gamba:



next. Secara otomatis terisi gatewaynya yaitu eth2

Gamba:



Next, isikan range dhcp yg mau diberikan. saya ngeset antara 50-250

Gamba:



Next. Secara otomatis terisi DNS seperti yang diset tadi
Next. isikan lease time. disini artinya brp lama ip address yg diberikan expired. disini saya isi 3 hari. jadi kalo ada klien yg dpt IP address dan pada saat expired (3 hari) kemudian dia tidak lagi konek, maka IP address tsb dihapus. ini berguna untuk menghemat IP address kita

Gamba:



Selamat Mencoba...!!!

7 komentar:

  1. info yang sangat membantu, thx gan

    BalasHapus
  2. thank qiu gan dah bagi ilmu ama ane...

    BalasHapus
  3. Terima Kasih Pak Atas tutorialnya ..
    artikel yang sangat bagus ..

    BalasHapus

Silakan berkomentar.....asal tidak mengandung "SARA" atau memojokan siapapun.:x

LINK SAHABAT